Bijak dalam Menggunakan Internet

Kehadiran internet sebagai buah dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sudah bukan perkara asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari area perkotaaan hingga ke pelosok kampung sudah terjamahi oleh canggihnya teknologi informasi. Mulai dari anak-anak hingga orang tua sudah banyak menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh internet, baik untuk mengirim surat elektronik, membaca berita, menonton video live streaming, mengerjakan kuis online, mengirim tugas kepada guru/dosen, atau hanya sekedar bermain-main dengan jejaring sosial dan game online. Kehadiran internet yang semakin marak menjadi bukti bahwa laju informasi di abad sains dan teknologi serta globalisasi ini semakin deras, sangat cepat, dan sulit untuk dibendung.

Bayangkan, baik disengaja maupun tidak, beragam informasi diterima masyarakat dalam waktu kurang dari ukuran detik. Coba saja tengok saudara kita di berbagai pelosok daerah sana, mulai dari gaya berpakaian, gaya rambut, cara bicara, dan semua atribut yang dipakai oleh mereka sudah mengikuti trend kota bahkan luar negeri. Internet tidak hanya menghadirkan manfaat bagi masyarakat, tapi terdapat pula konsekuensi dari efek negatifnya yang tidak kalah penting untuk kita perhatikan. Sehingga, diperlukan cara berpikir dewasa yang bijak dalam mengelola dan menggunakan internet. Bijak dalam menggunakan internet akan lebih produktif dan memberikan manfaat bagi setiap penggunanya, seperti memperluas cakrawala, media entrepreneurship, dan manfaat-manfaat lainnya.

Internet Sehat Datangkan Manfaat

Internet membuka cakrawala seluas-luasnya bagi masyarakat, terutama para pelajar dan mahasiswa dalam mencari data literatur seperti diktat-diktat elektronik hingga jurnal-jurnal ilmiah yang bisa diunduh, atau mencari informasi terkini yang berkaitan dengan studi di luar negeri. Banyak lembaga-lembaga pendidikan resmi di luar negeri yang menyediakan kursus-kursus gratis atau free online course materials melalui internet, salah satu contohnya seperti MIT Open Course yang disediakan oleh institut terbaik dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT). Semua kajian sains murni dan terapan tersedia lengkap di sana, tersaji dalam bentuk video maupun e-book yang bisa kita unduh. Selain itu, kita bisa berkunjung ke halaman-halaman lembaga penelitian resmi dari dalam maupun luar negeri seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Scientific America, National Geographicmaupun harian sains terkenal seperti Science Daily, Symmetry Magazine dan masih banyak lagi situs-situs yang bisa membantu kita dalam mengawasi kondisi sosial, budaya hingga perkembangan sains dan teknologi dalam mewujudkan kesejahteraan manusia.

Sebagai mahasiswa, saya merasakan manfaat yang luar biasa dengan hadirnya internet, terutama dalam memuaskan hasrat membaca dan memperkaya wawasan. Apabila selepas kegiatan perkuliahan tidak ada tugas, biasanya saya menyempatkan diri mengunjungi situs-situs seperti Scientific America, Higher Intellect, National Geographic, Astronomy and Astrophysics atau situs universitas di luar negeri untuk mengunduh notes, materi kursus, dan buku-buku elektronik yang bisa membantu menambah referensi dalam belajar fisika sesuai dengan latar belakang pendidikan saya, atau hanya sekedar menikmati suguhan berita dan artikel sains terkini yang dipoles dengan sentuhan jenius. Terkadang juga, saya mengunjungi beberapa link jurnal ilmiah yang direkomendasikan oleh pihak universitas dan menulis beberapa artikel di blog pribadi atau situs lain untuk berbagi informasi kepada khalayak ramai.

Internet adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjelajah dunia, atau memandu sebelum kita berangkat ke suatu tempat. Kita bisa menikmati keragaman suku, ras, budaya, bahasa dan foto-foto panorama alam dari setiap negara di berbagai belahan dunia, atau mencari tempat penginapan yang strategis dengan wisata kuliner yang cocok dengan lidah dan isi perbekalan kita sebelum melakukan perjalanan. Semua bisa kita lakukan hanya dengan duduk manis di depan layar monitor dan memainkan sebuahcursor, bahkan bisa diakses di mana saja dan kapan saja dengan perangkat-perangkat yang semakin canggih seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mulai dari fasilitas internet yang tersedia di dalam handphone maupun perangkat lain seperti tablet yang semakin marak di pasaran. Bisa kita bayangkan besarnya luasan cakrawala yang bisa kita peroleh melalui internet.

Tidak hanya sekedar memperluas cakrawala, internet sehat memberikan peluangentrepreneurship bagi setiap penggunanya. Melakukan bisnis dengan menggunakan fasilitas internet. Informasi begitu cepat tersebar luas dengan hadirnya teknologi informasi seperti internet. Alasan ini dimanfaatkan oleh sebagian perusahaan atau lembaga, baik bersifat profit maupun non-profit untuk menunjang program kerjanya. Biasanya, setiap lembaga resmi, organisasi atau komunitas memerlukan media komunikasi untuk keperluan publikasi dan informasi. Bahkan sebagian masyarakat melihat kualitas dari lembaga resmi tertentu dari tata letak halaman website-nya rapih atau tidak, dan serius atau tidak, ibaratnya kerapihan halaman website itu mencerminkan penggunanya. Melalui media komunikasi ini kita bisa menyelam sambil minum air. Ketika website yang kita miliki menarik banyak para pengunjung, siap-siap saja menerima banyak tawaran iklan untuk dipasang diwebsite kita dengan tawaran bayaran sesuai dengan di bagian mana iklan tersebut akan diletakkan. Bahkan kita bisa mendaftarkannya di google adsense yang menawarkan harga memukau sesuai dengan kualitas website yang kita miliki asalkan kita bersedia meletakkan iklan-iklannya di salah satu bagian halaman website kita. Menguntungkan bukan?

Kritis dalam Menerima Informasi

Kita harus tetap menanamkan sikap kritis dalam menerima beragam informasi dari internet, karena penguna internet bukan hanya kalangan intelektual saja, dan tidak sedikit penipuan pun terjadi melalui internet. Maka, alangkah baiknya kita memeriksa setiap halaman yang kita jumpai di internet. Misalnya dengan memeriksa apakah situs tersebut telah memilikiInternational Standard Serial Number (ISSN) atau Standar Internasional Nomor Majalah. Setidaknya dengan memiliki ISSN, memastikan tingkat akurasi, atau mengurangi kesalahan dari isi sebuah artikel serta memberikan jaminan kebenaran informasi seperti diharapkan oleh pembaca. Pusat internasional ISSN atau Centre International de l’ISSN berada di Paris, Perancis dan di Indonesia sendiri, lembaga resmi yang mengurusi ISSN ini adalah Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Meskipun sudah memiliki ISSN, kita tetap harus bersikap kritis terhadap informasi dari setiap halaman yang kita jumpai di internet. Memilih mana yang baik dan mana yang tidak, mana yang benar dan mana yang salah, serta mana yang bertentangan dengan budaya kita. Kesalahan dalam pengawasan bukan hal yang tidak mungkin terjadi, karena pengawasan tidak dilakukan hanya pada satu halaman saja, melainkan banyak halaman. Sebagai masyarakat yang bijak dalam menggunakan internet, selain kita memperluas cakrawala, juga bisa sambil membantu lembaga tersebut dalam mengawasi halaman-halaman yang telah memiliki ISSN dan melaporkan apabila menemukan informasi-informasi yang bersifat cyberbullying, sex, sara, dan sifat-sifat membahayakan lainnya pada lembaga yang terkait.

Banyak informasi-informasi bersifat provokasi yang memojokkan salah satu suku, budaya, maupun agama tersebar bebas dan bisa diakses oleh siapapun, baik dalam jejaring sosial maupun tidak sengaja ditemukan di mesin pencarian seperti google. Di samping itu, budaya-budaya asing yang tidak sesuai dan bertentangan juga tersebar secara bebas dan bisa diakses oleh siapapun. Tentunya, hal ini sangat berbahaya, apalagi bagi para pengguna internet yang masih di bawah umur. Tidak sedikit diberitakan di berbagai media massa orang hilang dan penculikan yang disebabkan oleh bebasnya interaksi dalam situs-situs jejaring sosial, serta orang-orang yang terperangkap dengan masalah hukum karena menuliskan kalimat yang bersifat mencemarkan nama baik di internet.

Rupanya kehadiran internet ini merubah cara bersosialisasi sebagian masyarakat, terutama di Indonesia. Bagaimana tidak? Sebagian besar waktu istirahat dan bermain dihabiskan orang di depan layar monitor untuk mengakses internet. Orang-orang lebih mudah mendapatkan teman baru, bahkan pacar baru dari internet. Memang terdengar bodoh dan sangat instan untuk sampai mendapatkan pacar baru. Bagaimana mungkin seseorang yang baru saja kita kenal melalui dunia maya tanpa mengetahui latar belakang yang jelas bisa dijadikan sebagai seorang pacar. Pernyataan ini sudah bukan lagi literatur, tapi fakta di lapangan dan banyak dilakukan oleh para remaja kita. Apabila ini kita anggap sebagai suatu kewajaran, akan lebih banyak lagi para remaja kita yang melakukan hal yang sama, dan akan semakin banyak korban berjatuhan. Karena fakta ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan.

Pengawasan Orang Terdekat

Beragam alat telekomunikasi dan teknologi lainnya seperti telepon genggam bukan menjadi hal yang asing lagi bagi masyarakat kita. Merk baru yang semakin bermunculan di pasaran dengan harga terjangkau dan fasilitas yang tidak kalah canggih menjadikannya mudah digenggam oleh siapa saja, terutama anak-anak. Salah satu fasilitas yang dimiliki dan dibangga-banggakan oleh setiap produsen telepon genggam adalah tersedianya koneksi internet yang bisa kita akses dengan mudah oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja tanpa batas waktu. Maka tidak heran apabila anak yang masih di bawah umur sudah memiliki akun-akun jejaring sosial seperti facebook.

Pentingnya pengawasan dalam membatasi laju informasi yang semakin cepat diterima oleh generasi-generasi penerus bangsa kita. Pengawasan tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja, terutama oleh orang-orang terdekat mereka. Misalnya pengawasan orang tua, paman, bibi, atau guru terhadap apa yang dilakukan oleh para pelajar, dan anak-anak di bawah umur ketika mengakses internet. Pengawasan bisa dilakukan mulai dengan sebuah interaksi kecil seperti ngobrol-ngobrol santai antara seorang ibu atau seorang ayah dengan anaknya. Tidak perlu ada penekanan, santai saja. Tanyakan mulai dari “Apa yang dilakukan hari ini? Bersama siapa? Uang jajan yang diberikan dipakai untuk apa saja?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya dengan menyenangkan dan penuh kehangatan. Sehingga anak-anak tidak akan merasa sungkan untuk berkata jujur, karena berkata jujur menjadi lebih menyenangkan dengan cara demikian.

Interaksi bisa dilanjutkan dengan nasihat-nasihat yang memotivasi anak untuk menjadi seorang pemikir besar. Menceritakan kisah-kisah para ilmuwan dan pebisnis sukses yang nama besarnya tidak sebesar kisah hidupnya. Karya-karya luar biasa yang membesarkan nama mereka, dan itu berawal dari ketertarikan dan rasa ingin tahu terhadap apa yang mereka temui. Jadi, tidak ada salahnya kita menggunakan teknologi informasi seperti internet. Namun, alangkah baiknya, menggunakan internet dengan bijak agar menghasilkan sesuatu yang produktif. Misalnya, memanfaatkan situs-situs yang memuat pembelajaran interaktif untuk melatih dan mengasah kemampuan akademik. Bayangkan, kita bisa menceritakannya di kelas, mendapatkan acungan jempol dari para guru karena pengetahuan lebih yang kita dapatkan dari internet. Interaksi-interaksi seperti ini membantu mendorong anak untuk berpikir mana yang baik baginya dan mana yang tidak dari hadirnya internet. Hal yang paling penting adalah memeriksa telepon genggam atau perangkat elektronik yang dimiliki oleh mereka untuk memastikan bahwa peralatan tersebut dipergunakan dengan baik.

Membudayakan Produktivitas

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi bukan berarti kita terjebak oleh peradaban. Tidak sedikit mereka yang masih menghabiskan waktu hidupnya dengan berpoya-poya dengan teknologi, tidak bergerak dari jejaring sosial, dan menjadi konsumer yang tertidur lelap oleh teknologi-teknologi hasil karya orang lain di saat semua orang bersaing dalam menciptakan inovasi-inovasi terbarukan lainnya. Budaya ini bisa menjadi ancaman apabila kita biarkan. Kemutakhiran teknologi seharusnya kita hadapi dengan budaya produktif. Penggunaannya harus dapat dipertanggungjawabkan, memilikivisionary, dan adanya upaya inovatif untuk meningkatkan produktivitas. Misalnya mengamati perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui internet beserta kendala-kendalanya untuk kita pikirkan.

Kehadiran internet bisa kita gunakan untuk mengawasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia. Banyak sekali perkembangan-perkembangan dilakukan oleh para intelijen-intelijen di luar sana yang dipublikasikan kepada khalayak ramai melalui internet. Banyak sekali karya-karya luar biasa yang dikembangkan oleh mereka, seperti tekstil ultrahidrofobik yang meniru kemampuan daun teratai dalam menolak penetrasi air ke dalam daunnya, sehingga tekstil tersebut tidak akan basah ketika tenodai saat tumpah minuman berwarna. Kemudian, perkembangan metode holografik dalam menyimpan data yang bisa menyimpan informasi dalam 3 dimensi hingga mencapai ukuran tera bytes, diterapkan dalam holographic Versatile Disc (HVD) dengan pengembangan recording medium untuk menghasilkan penyimpanan informasi yang maksimal. Contoh lainnya seperti upaya yang dilakukan dalam mengatasi climate change, krisis energi dan masih banyak lagi pengembangan-pengembangan yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu. Semua dilakukan utuk kesejahteraan manusia.

Jendela dunia terbuka lebar melalui internet. Dengan demikian diharapkan bisa membantu para intelijen kita dalam berinovasi dan bersaing di kancah internasional untuk menghasilkan pemikiran-pemikiran besar yang bisa merubah peradaban ke arah yang lebih baik. Saya tidak percaya Indonesia tidak mampu melakukanya, karena Indonesia memiliki generasi-generasi bangsa yang cerdas. Indonesia memiliki lilin-lilin kecil yang siap menerangi dunia dan menjawab permasalahan-permasalahan yang menimpa bumi ini. Bijak dalam menggunakan internet harus terus ditanamkan dalam diri masyarakat agar bermanfaat dan bisa menghasilkan sesuatu yang produktif bagi dirinya dan orang lain. Mulailah bijak menggunakan internet dari sekarang!

Categories: SMP Negeri 1 Bulukerto | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Trimakasih Telah Berkunjung. kami mohon agar bisa menyempatkan untuk mengisi Buku tamu kami.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: